Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang: Pohon pinang adalah sejenis pohon palem sama-sama tinggi pohonnya dan buahnya juga hamper mirip, pohon pinang biasa tumbuh di tempat yang subur, pohon pinang yang di tanemnya itu adalah bijinya yang sudah tua dan berwarna kuning  ke merah-merahan.

Pinang ini yang banyak manfaatnya adalah bijinya, untuk di jadikan obat, Kalau pohonnya suka di perjual belikan apalagi ketika menjelang peranyaan 17 Agustusan untuk di jadikan perlombaan panjat pinang. Pohon pinang ini tingginya bisa mencapai 25 cm dan bentuk pohonnya adalah langsing tanpa ada ranting seperti pohon rambutan atau pohon manggis.

Pohon pinang ini pelapahya sama seperti pelapah pohon palem seperti tabung, (yang biasa kita kenal sebagai upih), Kalau di pedesaan suka di jadikan mainana sama anak-anak, pelapah pinang ini berguna untuk membungkus kue-kue seperti wajit atau dipake bungkus dodol, mungkin anda perna menemukan dodol yang di bungkus memakai upih pinang.

Di tangan-tangan kereatif orang tua dulu upih ini suka di bikin sandal, yang biasa di sebut sandal upih, manfaat dan khasiat buah pinang ini banyak sekali, kalau di pedesaan buah pinang suka di jadikan obat untuk ibu-ibu yang habis melahirkan, dan juga buah pinang ini untuk di jadikan bahan sepahan, di campur sama daun sirih, gambir, daun saga,serta apu, untuk di kunyah.

Buah pinang ini mengandung alkaloida atau seperti misalnyaarekolina (arecoline) serta arekaina (arecaine), biji pinang kalau di toko obat seperti apotek di jadikan obat untuk mengobati cacingan, terutama untuk mengobati cacing pita, dalam sebuah biji pinang juga mengandung zat lain seperti, guracie (guacine), arecaidine, serta guvacoline dan juga arecolidine, beserta unsure-unsur yang lainnya.

Buah biji pinang muda kalau kita kunya menimbulkan rasa sepet dan menimbulkan sedikit pening, banyak orang-orang yang suka memakan biji pinang muda ini. Buah biji pinang juga bagus untuk menguatkan gigi dan gusi.


Itulah manfaat dan khasiat buah pinang untuk kesehatan tubuh kita, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

0 comments:

Post a Comment