Manfaat Dan Khasiat Antanan

Manfaat Dan Khasiat Antanan

Manfaat Dan Khasiat Antanan: Pegagan/Antanan atau daun kaki kuda ini adalah salah satu tanaman liar yang bisa menyebar luas Di permukaan tanah, Pegagan bisa tumbuh di pinggiran pekampungan, di pinggiran balong, serta di pesawahan, lading, bahkan di tepi jalan, Pegagan kalau di pedesaan suka tumbuh di pingi rumah.

Sejak dahulu zaman nenek moyang kita pegagan sering digunakan untuk pengobatan kulit serta memperbaiki peredaran darah atau juga sering di gunakan untuk gangguan saraf. Masyarakat Indonesia kususnya Masyarakan Jawa Barat mengetahuinya tanaman antanan ini sebagai salah satu tanaman yang bisa dipake lalapan, dimakan pake sambel.

Asal Usul Tanaman Antanan

Pegagan (Centella asiatica) Tanaman liar ini berasalnya dari daerah Asia tropik, dan menyebar luas di Asia Tenggara, termasuk di Republik Rakyat Cina, di Australia, serta menyebar di Indonesia, Jepang dan di India, Kemudian tanaman daun kaki kuda ini menyebar luas ke berbagai Negara-negara yang lain. Tanaman ini punya nama yang popular di wilayah Indonesia selain antanan adalan pegagan serta daun kaki kuda.

Kandungan Serta Manfaat Dan Khasiat Antanan

Antanan yang simplisianya terkenal dengan sebutan Centella Herbal Mempunyai kandungan brahmc acid, asiaticoside, brahmoside, thankuniside, madecassoside, isothankuniside, vellarine, brahminoside, hydrocotylin, madasiatic acid, carotenoids, meso-inositol, centelloside, zat besi, tanin serta kalsium, antanan juga mengandung garam mineral seperti kalium, dan megnesium serta natrium, banyak sekali yang terkandung dalam pegagan ini, bahkan diduga mampuh menyembuhkan luka yang sangat begitu luarbiasa karena ada kandungan glikosida triterpenoida yang biasa di sebut asiaticoside ini merupakan antilepra, kalau zat vellarine ini yang terkandung dalam pegagan memberikan adanya rasa pahit.

Manfaat Dan Khasiat Antanan Untuk Penderita Seperti Dibawah ini

  • Pegagan juga manfaat dan khasiat untuk mengobati infeksi batu saluran kencing atau kencing yang keruh, Caranya ambil daun antanan yang masih segar sekitar 30 grm direbus memakai air bekas cucian beras sampai mendidih nanti kalau suda dingin atau hangat kuku baru di minum, lakukan secara rutin dan teratur.
  • Pegagan berkhasiat untuk penderita pembengkakan pada hati, Caranya, ambil 600 grm pegagan yang masih segar lalu mencucinya dengan bersih, habis itu rebus hingga mendidih, nanti kalau sudah dingin baru di minum, lakukan secara rutin tiap hari.
  • Manfaat juga pegagan untuk mengobati bisul, karena dengan rasanya yang berasam manis ini, bersifatnya untuk mendinginkan, dia memiliki pungsi untuk membersihkan darah, cocok untuk penderita bisul, Caranya ambil pegagan yang masih segar antara 30-60 grm lalu di rebus dengan air bersih samapai mendidih, setelah dingin baru di minumnya, atau bisa juga pegagan segar itu di kunyah sampai lembut lalu di tempelkan ke bisul tersebut.
  • Pegagan bisa dipake untuk obat batuk berdarah atau batung yang kering serta mimisan, Caranya ambil 60-90 grm pegagan segar rebus sehingga mendidih airnya di minum, lakukan secara rutin.
  • Teh yang terbuat dari antanan segar ini, bisa membangkitkan nafsu makan serta mampu mengeluarkan cacing yang ada di dalam perut, dan juga bisa untuk menyegarkan badan.
  • Pegagan juga bisa untuk mengobati mata bengkak atau mata merah, Caranya pegagan di tumbuk sampe halus terus di kasih air bersih lalu di saring airnya di tetesin ke mata.


Jenis Pegagan:
Antanan sejenis tanaman herbal tahunan yang tumbuhnya mnjalar serta berbunga sepanjang tahun, Tanaman daun kaki kuda ini akan bisa tumbuh lebih subur apabila tanahnya serta lingkungannya sesuai, sampai tanaman itu dia bisa menutupi tanah, yang sering di jumpai jenis pegagan merah di tepi jalanan atau dekat-dekat rumah, kalau orang sunda terutama orang cianjur jenis pegagan merah ini di sebutnya antanan lalakina (antanan cowok). Jenis  pegagan merah juga di kenalnya sebagai antanan batu serta antanan kebun, karena kita sering menemukannya di area perkebunan dan juga sering kita temukan di daerah bebatuan, dilahan yang kering serta terbuka,

Jenis pegagan hijau sering kita jumpai paling banyak di area pesawahan pematang sawah serta di sela-sekla rerumputan, karena antanan hijau lebih menyukai tempat yang agak berlembap dan terbuka atau agak tertutupi, Jenis antanan merah tumbuhnya merambat dengan stolon (geragih) serta tidak memiliki batang. Selain itu juga ada tanaman yang mirip dengan antanan atau daun kaki kuda ini, Ada empat jenis antanan air, antanan kembang serta antanan gunung dan antanan berit.

Itulah manfaat dan khasiat antanan atau pegagan, manfaat antanan buat yang lainnya yaitu mampu meningkatkan sirkulasi darah pada kaki serta lengan, mampu mencegah salah urat atau varises serta untuk meningkatkan daya ingat serta seramina tubuh dan mental, manfaat dan khasiat antanan ini mampu menurunkan gejala-gejala setres dan depresi, Lebih bagusnya kita konsumsi antanan ini tiap hari dengan menjadikan lalapan.


Itulah yang bisa kami infokan tentang manfaatnya pegagan untuk kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat, dan mudah-mudahan kita semua di lindungi serta di sehatkan sama tuhan semesta alam amin,,,Salam Hangat Dari Kami.

0 comments:

Post a Comment