Pantrangan Buat Ibu Yang Habis Lahiran

Hal-Hal Yang Di Pantrang Buat Ibu Yang Habis Lahiran

Pantrangan Buat Ibu Yang Habis Lahiran: Di Indonesia terkenal kanya oleh budaya terutama di daerah jawa, salah satunya adalah budaya ketika seorang ibu yang habis melahirkan anaknya, ada hal-hal yang harus di patuhi karena sudah di percaya dari jaman dulu nenek moyang kita, untuk keselamatan dan kesehatan sang bayi dan ibunya itu, Aapa saja sih yang di pantrang buat ibu yang habis lahiran?

Seorang ibu yang habis melahirkan di larang tidur siang-siang, karena ini di percanya akan kelihatan suram wajah sang ibu, kurang bersinar wajahnya kalau suka tidur siang-siang.

Jika perempuan sedang mengandung di larang untuk keluar malem sendirian, karena hal itu bisa membahanyakan anak yang di kandungnya, dan kalau pun mau ke luar harus ada yang ngedampingi, serta harus membawa gunting atau membawa bawang putih di tusuk dengan konde atau di tusuk memakai jarum penitih, terus di tempelin di perempuan yang lagi hamil itu.

Jika ibu yang habis melahirkan tidak boleh di gauli atau melakukan hubungan sex selama 40 hari, karena itu bisa membahayakan istri di samping kondisinya masih labil belum pulih sepasca melahirkan, jadi jika seorang suami yang istrinya melahirkan harus sabar jangan dulu mengajak hubungan intim istrinya.

Pantrangan buat ibu yang habis lahiran, jangan membawa bayinyaitu keluar rumah jika magrib sudah tiba, ini bisa membahanyakan bayi itu dari ancaman-ancaman mahluk halus.

Biasanya kalau bayi baru lahir selama 40 hari suka di tungguin sepanjang malam, sang ayah atau kake si bayi itu tidak tidur semalem suntuk, karena di percaya ketika malem sang bayi suka di gangguin mahlik halus, malah di percaya kalau tida di tungguin si bayi suka di makan otaknya atau di isep darahnya.

Budaya-budaya atau adat seperti itu masih suka di pake, karena itu warisan di leluhur,nenek moyang kita yang harus di jaga, Tidak sedikit di daerah jawa ketika ibu sedang hamil dan melanggar pantrangannya bayi yang di kandungnya hilang secara tiba-tiba di dalam kandungan. Dan juga biasanya sang bayi jika di deketin atau di ganggu sama mahluk halus, bayi itu akan rewel, nangis terus, yang suka di lakukan sama orang tuanya biasanya bayi itu di balur ubun-ubunnya memakai panglay atau bawang putih.


Itulah beberapa yang di pantrang buat ibu yang habis lahiran, secara adat dan budaya jawa, mudah-mudahan ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment