Manfaat Dan Khasiat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Dan Khasiat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Dan Khasiat Kencur: Kencur yang biasa di pake untuk bumbu sambel gado-gado atau kalau kata orang sunda mah (Lotek) dan juga sering di pake bumbu (karedok) dan untuk bumbu masak lainnya, Kencur banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh, Bentuk kencur ini dia memiliki daun lebar dan memiliki ubi, yang sering di gunakan ini adalah ubinya.
Kencur juga suka di pake untuk bumbu kue, salah satunya adalah untuk kue telinga gajah (gorengan asinan) membawa wangi yang kehas serta menambah sedap. Kencur juga sering di pake untuk bumbu cobek. Rasa dari kencur itu sendiri hangat, mangkaya sangat bagus untuk obat masuk angin. Kencur ini memiliki nama latin yaitu (Kaempferia Galangal).

Yang Dikandung Dalam Kencur:
Kencur memiliki bayak kandungan diantaranya adalah,
Mineral, (13,73%). Serta pati (4,14%) dan minyak astiri (0,02%), Gom dan juga berupa sineol, asam metal kalin, asam anisic, asam cinnamic, alkaloid, penta dekaan, paraeumarin, ethyl aster, borneol, kamphene, asam sinamic.

Banyak sekali yang terkandung dalam tanaman kencur ini serta berbagai zat kimia yang di kandung oleh kencur, berdasarkan analisi penelitian-penelitian dari laboratorium, didalam satu rimpang kencur terdapat 23 jenis zat senyawa. Mangkanya bayak sekali manfaat dan khasiat kencur ini.

Berikut Dari Sebagian Manfaat Dan Khasiat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh

Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah:
Caranya, ambil dua rimpang kencur, di cuci dulu dengan bersih lalu di parud halus, setelah itu cuci dulu wajah andanya dengan air hangat, kemudian balurkan kencur yang sudah di parut tadi kewajah, sampe merata diamkan sekitar 30 menit, lalu cuci sampai bersih, bisa anda lakukan 1 kali perhari, sampai flek hitam di wajah anda hilang.

Pelangsing Tubuh:
Caranya, ambil sekitar 1 rimpang kencur yang sudah di bersihkan, dan 1 potong gula aren, serta tambahkan 1 sendok teh tepung beras, seduh dengan satu gelas air panas, diamkan dulu sejenak, setelah kira-kira sehangat kuku lalu di minum, lakukan secara rutin 3 kali sehari.

Bayi Yang Terkena Influenza:
Caranya, ambil satu rimpang kencur , dan cuci dulu sampai bersih, di tambah 2 lembar daun kemukus (lada berekor/ cubeb), kemudian ditumbuk sampe halus tambahkan 1 sendok makan air yang masih hangat, lalu balurkan atau tempelhan pada kepala bayi itu di pas ubun-ubunnya, bisa juga di balurkan ke tubuhnya, supanya terasa hangat badan si bayi itu.

Mengobati Migrain:
Caranya, bahan, 1 rimpang kencur kira-kira sebesar ibu jari, serta tumbuk sampe halus, tambahkan 3cm lempunyang, dan 3 cm jahe merah, serta tambahkan juga 5 cm pulasari terus setengah sendok teh adas, tambahkan air kira-kira 6-9 sendok makan, setelah semuanya di tumbuk halus lalu peras dan tambahkan sedikit madu, kemudian di minum, lakukan cara teratur 3 kali sehari masing-masing 3 sendok makan.

Mengobati Keseleo:
Caranya, ambil 1 rimpang kencur dan 1 buah jeruk nipis serta 1 rimpang batang sereh, dan segenggam beras yang sudah di rendam sama air, bahan-bahan yang tadi semua di tumbuk sampe halus, kecuali jeruk nipis, sesudah halus tambahkan air panas kira-kira secukupnya saja dan tambahkan air perasan jeruk nipis, cara penggunaannya, gosokan bahan yang tadi sudah di bikin itu ke bagian yang keseloe, sambil di pijit pelan.

Mengobati Asma:
Caranya, ambil kencur secukupnya, lalu diparut halus, tambahkan satu kuning telur ayam kampung, tambahkan juga madu lebah asli, kemudian di aduk sampai merata, kencur yang tadi di parut itu dip eras dulu sebelum di campurkan, kalau sudah merata lalu minum, lakukan secara rutin dan teratur.

Mengobati Sakit Perut Serta Mules-mules:
Bahan-bahannya, 1 buah rimpang kencur yang sudah bersih, 1 rimpang jahe tambahkan 2 siung bawang merah bersihin dulu kulitnya, terus di tumbuk sampe halus, setelah halus tambahkan minyak kayuputih adukan dulu sampe merata, lalu oleskan bagian punggung serta ke bagian perut.

Mengobati Rematik:
Bahannya, ambil 1 ons kencur, dan 1 ons beras, serta 1 ons jahe, tambahkan 1 ons biji kedawung, bahan-bahan yang tadi di tumbuk dulu ga terlalu halus juga nggak apa-apa, lalu rebur bahan yang dah di tumbuk tai dengan memakai 2 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 1 gelas, pas mau di minum setelah dingin tambahkan perasan jeruk nipis, sepasi saja, tambahkan juga madu 2 sendok makan, di minumnya obat yang tadi jadi sisa 1 gelas di bagi dua biar jadi 2 kali minum pagi dan sore.

Mengobati Menghilangkan Rasa Lelah Badan:
Bahan, 3 rimpang kencur, dan 3 buah cabe diambil bijinya saja, ditambah 1 genggam beras digoreng tanpa minyak (sangray), dan 2 jari kanyu manis serta 1 rimpang lempunyang, Cara meramunya, bahan-bahan tadi di rebus memakai 3 gelas air hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas, lalu kalau sudah dingin di minum, lakukan cara ini sehari 1 kali secara rutin hingga badan anda terasa pulih kembali.


Itulah manfaat dan khasiat kencur untuk kesehatan tubuh yang bisa kami imfokan kepada para pembaca, Sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya kalau kita gali terus bukan Cuma itusaja, Tapi segitu juga mudah-mudahan bisa bermanfaat buat kita semua. Terima kasih banyak dan salam sehat.

0 comments:

Post a Comment